Rabu, 06 Februari 2013

Percobaan Teori Bernoulli

D. Alat Peraga Teori Bernoulli
1.      Tujuan
Tujuan dari percobaan ini adalah untuk menyelidiki keabsahan teori Bernoulli yang dipakai guna mengkaji aliran air melalui berbagai diameter pipa bundar.

2.      Peralatan
a. Satu unit Alat Peraga Teori Bernoulli
 

b.  Meja Hidrolika yang berisi air   
 
c. Stopwatch
 
d. Gelas Ukur
 
e. Pompa Tangan 
 


      3.  Prosedur Percobaan
a.       Menempatkan alat peraga di atas meja hidrolika dengan  mengatur  kaki penyangga pada kedudukan  horizontal yang di waterpass dengan alat ukur penyimpat datar.
b.      Menghubungkan alat peraga dengan meja hidrolika setelah memasukkan sedikit air ke dalam  tampang uji pipa konvergen bersudut 14° sudah searah dengan aliran.
c.       Mengisi semua tabung manometer alat peraga dengan air secara perlahan untuk membuang kantong-kantong udara dari sistem tersebut dan pastikan semua pipa penghubungnya telah bebas dari simpangan udara.
d.      Dengan mengatur kebutuhan air dari meja hidrolika sambil mengatur katub kendali aliran alat peraga, level muka air dapat di naikkan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan, untuk penurunan level tertentu dipakai pomp tangan pada katub pemasukan udara guna menaikkan tekanan udara di atas kolom cairan.
e.       Mengatur kedua katub kendali yaitu pada meja hidrolika dan alat peraga secara seksama guna memperoleh kombinasi nilai aliran dan tekanan system sehingga memberikan perbedaan yang memadai antara level tertinggi dan terendah pada kolom manometer.
Catat bacaan skala pada setiap level manometer, ambil sedikitnya tiga set bacaan volume dan waktu dengan bantuan tangki volumetrik dan stopwatch   guna mendapatkan nilai debit aliran.

1 komentar: